Saturday, November 25klik1ayat.com

Makanan dan Minuman dalam Islam, Bagaimana Memilihnya ?

65 views

Sehat merupakan keinginan semua orang, namun untuk mendapatkan kesehatan tersebut tidak semuanya sadar akan bagaimana cara mendapatkannya. Padahal dengan kesehatan yang dimiliki, segala aktifitas dapat dilakukan tanpa terbebani dan penuh dengan semangat dalam menjalankannya dengan cara menyesuaikan makanan dan minuman dalam Islam dalam pilihan kehidupan sehari-hari.

Nah berikut merupakan sedikit tulisan mengenai bagaimana memilih makanan dan minuman dala Islam

Lantas bagaimana untuk mendaptakan tubuh yang sehat di saat memilih makanan dan minuman dalam Islam?

Sangat mudah untuk mendapatkan tubuh yang sehat, yaitu semuanya didahului oleh sesuatu yang masuk melalui mulut. Mulut yang memakan apa saja dapat menentukan bagaimana kondisi tubuh nantinya, dalam Islam sendiri mengenai makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi pun sudah sangat jelas diterangkan di dalam Al Qur’an atau pun Hadits dan bahkan selalu disampaikan pula oleh para ustadz-ustadz pada saat ceramah.

Mendapatkan tubuh yang sehat juga menjadi dambaan setiap orang, dengan badan yang lemah, lemas bahkan sakit menyebabkan terganggunya segala aktifitas sehari-hari. Idealnya dalam menjaga tubuh agar tetap sehat seharusnya bisa mengikuti akan apa yang telah dilakukan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW, dalam pola makan dan minum.

Apa yang beliau lakukan dan contohkan kepada kita sebagai suri tauladan merupakan hal yang sangat pantas dan bahkan harus ditiru, lalu seperti apa yang dilakukan oleh Rasululla SAW ?. Beliau mempunyai sebuah pedoman atau pola hidup dalam makan dan minum dengan cara, memakan sesuatu di saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Jelas bukan, coba kita bayangkan saja tubuh yang terus menerus diberi makanan tanpa henti dapat pula mendatangkan penyakit gara-gara perut yang kenyang, aktifitas bisa terganggu dan semuanya akan menjadi enggan untuk dilakukan. Dan andai saja pola itu dirubah dengan makan disaat lapar dan berhenti sebelum kenyang, maka kondisi tubuh yang benar-benar memerlukan tambahan energi dapat tercukupi bukan berlebihan.

Bukan berarti dengan melakukan cara tersebut dapat menyiksa tubuh, karena apa yang dimakan belum dirasakan kenyang oleh perut. Bagaiman jika anda sesekali mencoba tips yang diberikan oleh Rasulullah SAW ini, dan dipraktekan dalam rentan waktu 1 bulan, apa yang anda rasakan dan apa manfaatnya pada saat anda menerapkan tips ini?.

Islam mengajarkan untuk hidup serba cukup, tidak berlebih-lebihan apalagi hingga menjadiakannya mubazir dan perlu untuk bisa memilih dalam makanan dan minuman dalam Islam pada kehidupan sehari-hari.

Dan kenapa harus makanan dan minuman yang menentukan kondisi tubuh manusia ?

Perlu kita ketahui dan ingat bersama, bahwa energi dan kekuatan yang kita miliki semua berasal dari apa yang dimakan. Andai saja yang dimakan merupakan hal yang tidak baik untuk kesehatan, maka yang terjadi adalah tubuh akan  terjangkit penyakit. Dan ketika sakit sudah mulai dirasakan, saat itu pula segala bentuk aktifitas akan terhenti dan terganggu dengan kondisi tubuh yang tidak sehat.

Semisal memakan sesuatu yang sudah tidak layak dimakan mungkin itu sangat jelas akan kurang kemanfaatnya. Apabila itu merupakan makanan yang baik namun diperoleh dari cara yang tidak baik, maka dapat dipastikan kondisi tubuh juga akan kurang sempurna.

Contoh : Memakan sesuatu milik orang lain tanpa seizinya merupakan hal yang buruk walaupun makanan tersebut adalah baik sifatnya, dengan hal seperti ini mungkin saja perut akan merasakan kenyang akan tetapi untuk melakasanakan amal ibadah sangatlah susah, malas dan enggan untuk melaksanakannya dan semua itu sebab dari perilaku untuk mendapatkan apa yang bisa dimakan tanpa menghiraukan dan mempertanyakannya akan dibolehkannya makanan dan minuman dalam Islam

Dengan kondisi tubuh yang tidak sehat seseorang akan mulai untuk menyesali atas apa yang dilakukan dalam kesalahan memilih makanan dan minuman secara semabarang, walaupun sejati sebuah penyakit itu memang langsung diberikan oleh Allah SWT, namun penyebabnya itu ada dari apa yang telah dilakukakan.

Lalu Bagaimana Solusinya ?

Merubah semua pola makan dan minum saat ini ke pada pola hidup yang sehat sebagaimana telah di contohkan oleh Rasulullah SAW, dan berusaha untuk bisa menyesuaikan makanan dan minuma dalam Islam pada pilihan menu di setiap harinya.

Mulai kapan ? Ya, saat ini juga. Jangan menunda-nunda sebuah kebaikan, dan kebaikan itu juga untuk diri kita sendiri bukan orang lain.

Perlu diingat kembali, bahwa dalam memilih makanan dan miunuman dalam Islam itu sangatlah mudah dan bukan sulit. Sebab segala sesuatu yang bersifat halal dan baik itu boleh dimakan, dan berusaha untuk menghindari segala jenis makanan dan minuman yang haram.

Klik 1ayat.com

Klik 1ayat.com

admin at klik1ayat
klik1ayat merupakan sebuah website yang memberikan nuansa baru bagi anda dalam mencari dan mempelajari tentang Islam melalui media digital, disini kami memberikan sebuah karya tulisa berupa kajian Islam
Klik 1ayat.com

Latest posts by Klik 1ayat.com (see all)

bagikan iniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn