Thursday, December 14klik1ayat.com

Mengetahui Apa Itu Pengertian Al Qur’an dan Mukjizatnya

94 views

Artikel ini menerangkan pengertian al Qur’an, nama-nama al Qur’an dan sebagainya yang berkaitan dengan al Qur’an.

Al Qur’an

Al Qur’an merupakan sebuah mukjizat yang diberikan kepada nabi Muhammad SAW, sebagai dalil akan kebenaran kenabiayan yang diberikan kepadanya setelah diturunkan malaikat Jibril AS sebagai pembawa wahyu atas perintah dari Allah SWT. Sesungguhanya al Qur’an diturunkan sebagai pelengkap kitab-kitab samawi yang tidak memiliki kekurangan di dalamnya, dan sebagai penyempurna agama Allah SWT.

Pertama kali al Qur’an diturunkan ialah pada saat Rasulullah SAW berada di dalam gua Hira, dimana beliau berada disana untuk menyendiri dan mendekatkan diri kepada tuhannya dan selanjutnya wahyu-wahyu Allah turun sesuai dengan kejadian-kejadian dan peristiwa hingga semupurnalah printah Allah dan agama-Nya.

Pengertian Al Qur’an

Apa itu pengertian Al Qur’an, al Qur’an merupakan masdar dari fi’il qorroa-yaqrou- quranan yang berasal dari bahasa arab dan beratikan “bacaan” ini adalah dalam pengertian bahasa. Adapun dalam istilahnya, al Qur’an ialah kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, melalui perantara malaikat Jibril AS dan sebagai mukjizat Nabi Muhmmad SAW, membacanya dihitung sebagai ibadah yang disampaikan secara mutawatir dan ditulis pada mushaf-musfhaf dari awal surat al fatihah hingga surat an-naas.

Dengan adanya sebuah pengertian bahwa dalam membaca al Qur’an dikategorikan sebagai sebuah ibadah, maka sudah menjadi sesuatu yang harus untuk dilaksanakan bagi kita sebagai muslim yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Rasulullah SAW pernah bersabda “barangsiapa yang membaca satu huruf dalam al Qur’an maka baginyalah sebuah  kebaikan, dan adapun kebaikan tersebut perumpamaan dari sepuluh kebaiakan. aku tidak mengakatakan bahwa آلم itu satu huruf, akan tetapi آ satu huruf dan ل satu huruf dan م satu huruf”. HR. Tirmidzi.

Al Qur’an terdiri dari 30 juz, dimana setiap awal surah didahuli dengan basamallah kecuali pada surat at taubah. Dan jumlah surat dalam al Qur’an ialah 114 surat 6236 ayat. Sungguh sangat besar pahalanya jika setiap muslim mampu membaca al Qur’an di setiap waktunya.

Nama-nama Al Qur’an

Al Kitab : (حم * وَالْكِتَابِ الْمُبِينِ)  surat at Dukhan, ayat 1

Al Furqon : (تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا)  surat al Furqon, ayat 1

Ad Dzikir : (وَهَٰذَا ذِكْرٌ مُّبَارَكٌ أَنزَلْنَاهُ ۚ أَفَأَنتُمْ لَهُ مُنكِرُونَ)  surat al Anbiya , ayat 50

An Nur : (يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَكُم بُرْهَانٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَأَنزَلْنَا إِلَيْكُمْ نُورًا مُّبِينًا) surat al Anbiya , ayat 174

At Tanjil : (وَإِنَّهُ لَتَنزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ) surat asy Syu’aro, ayat 192

Nujulul Qur’an al Karim

Nujulul qur’an atau bisa disebut turunnya al Qur’an tidak turun secara sekaligus dalam satu kitab kepada nabi Muhammad SAW seperti kitab-kitab samawi terdahulu, melainkan turun seacara berangsur-angsur. Adapun al Qur’an diturunkan selama 22 tahun dikota madinah dan mekkah.

Dan kali pertama al Qur’an turun ialah surat al Alaq ayat 1-5, ketika nabi Muhammad SAW berada di dalam gua Hira yang dibawakan atau disampaikan langsung oleh malaikat Jibril AS.

Dalam al Qur’an sendiri terdapat dua nama surah untuk membedakan dimana diturunkan surah atau ayat tersebut yakni Makiyah dan Madaniyah, Makiyah ialah surat atau ayat yang turun di kota Mekkah dan adapun Madaniyah ialah surat atau ayat yang turun di kota Madinah.

 

 

Klik 1ayat.com

Klik 1ayat.com

admin at klik1ayat
klik1ayat merupakan sebuah website yang memberikan nuansa baru bagi anda dalam mencari dan mempelajari tentang Islam melalui media digital, disini kami memberikan sebuah karya tulisa berupa kajian Islam
Klik 1ayat.com

Latest posts by Klik 1ayat.com (see all)

bagikan iniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn